Penyimpanan Obat di Rumah

Belajar Farmasi
0
Halo sahabat Belajar Farmasi selamat datang kembali di blog kesayangan kita ini. kali ini kita akan membahas bagaimana cara penyimpanan obat yang baik dirumah.

Penyimpan obat seringkali dianggap sepele bagi banayak orang. banayak dari kita yang menyimpan obat secara sembarangan yang ujung ujungnya dapat merugikan kita sendiri.
berikut ini rilisan photo dari BPOM RI dalam Fanspage resmi mereka.
Cara Menyimpan Obat Di Rumah
Penyimpanan Obat Dirumah - Image by https://www.facebook.com/BadanPengawasObatdanMakananRI/
Dari gambar diatas disebutkan kita diwajibkan membaca petunjuk penyimpanan obat pada kemasan. karena pada beberapa obat memiliki cara penyimpanan khusus. oleh karena itu bacalah petunjuk peyimpanan obat pada kemasan.

Jauhkan dari jangkauan anak-anak. simapanlah obat jauh dari jangkauan anak-anak untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jauhkan dari sianar matahari langsun/lemab/suhu tinggi dan sebgainya  karena dapat merusak zak aktif yang terkandung dalam obat tersebut.

Simapanlah obat tetap dalam kemasan aslinya agar tidak terjadi kesalahan dalam pengambilan obat. pastikan etiket tetap lengkap dan masih tertempel pada kemasan obat.

Selalu periksa secara rutin  tanggal kadaluarsa dan kondisi obat. terkadang kita lupa bahwa obat yang kita simpan ternyata sudah lama berada pada lemari atau kotak obat kita, mungkin diantaranya ada yang sudah kadaluarsa atau kondisinya sudah rusak atau sudah terjadi perubahan mulai dari kemasan, warna, ada gelembung, dan lain lain. selalu gunakan obat yang masih dalam kondisi baik dan tidak kadaluarsa.

kuncilah lemari obat untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan.

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)