Rahasia Keselamatan! Mengungkap Alasan Mengapa Harus Teliti Saat Membeli Obat

Belajar Farmasi
0
Halo sahabat Belajar Farmasi Pengobatan atau penggunaan obat secara swamedikasi saat ini sudah menjadi kebisaan masyarakat kita mungkin juga dunia. Informasi-informasi tentang obat yang akan dibeli diperoleh dari banyak sumber, mulai dari pengalaman pembelian dengan menggunakan resep obat yang sebelumnya digunaka, informasi dari rekan, keluarga, tetangga, dan bahkan dari informasi-informasi yang beredar di internet. Sebagai pengguna obat kita diharuskan turut aktif dalam memriksa obat yang kita terima.

Adapun beberapa yang harus kita perhatikan saat menerima obat.

Teliti Sebelum Menerima Obat - BPOM RI
Teliti Sebelum Menerima Obat - Image by :  https://www.facebook.com/BadanPengawasObatdanMakananRI/


1. Kemasan

Setiap kali kita menerima obat dalam bentuk atau kemasaan apapun kita harus teliti. kita harus memastikan kemasan tersebut selalu dalam kondisi baik atau tidak rusak, karana berkaitan dengan obat atau zat aktif obat tersebut. kemasan obat yang rusak sedikitpun dapat mempengaruhi kualitas obat itu sendiri..

2. Label

Selalu perhatikan label pada kemasan obat tersebut. kemasan-kemasan priemer obat selalu dilengkapi dengan label-label yang berisi tentang informasi tentang obat tersebut, mulai dari komposisi zat aktif, dosis, cara pemakaian dan lain lain yang sangat bermanfaat bagi pengguna.

3. Izin Edar

Sebenarnya yang paling berperan dalam penanganan izin edar ini adalah pihak Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) tetapi kita juga dituntut aktif dalam tindakan tersebut agar saling terjadi kerajasama dan mempermudah BPOM dalam menagani peredaran obat obat ilegal.
izin edar suatu produk bisa di cek pada laman resmi BPOM http://cekbpom.pom.go.id

4. Kadaluarsa

setiap produk memiliki tanggal kadaluarsa yang dicetak pada tiap kemasan. mulai dari kemasan sekunder samapai dengan keamsan primer obat pasti dilengkapi dengan tanggal kadaluarsa.sebagai pengguna produk kita wajib memeriksa tanggal kadaluarsa produk yang kita terima. hal ini berkaitan dengan kondisi produk yang sudah tidak maksimal bila sudah melewati tanggal kadaluarsanya. pastikan obat yang kita terima belum kadaluarsa. 
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)